Kamis, 01 Juni 2017

Panduan lengkap memandikan kelinci hias

Memiliki hewan peliharaan memang sangat menyenangkan terutama beberapa hewan memiliki bentuk tubuh yang unik dan lucu,seperti contoh untuk hewan peliharaan yang unik adalah musang ataupun burung hantu anda bisa membaca artikelnya tentang musang,pada artikel sebelumnya,Namun kali ini penulis akan menyajikan salah satu tips untuk memandikan salah satu hewan pengerat yang membuat siapapun yang memandang tersenyum kegirangan karena tingkah dan kelucuannya.
memandikan kelinci hias
memandikan kelinci via google images

Yups hewan tersebut adalah kelinci,merawat hewan piaraan memang menjadi kewajiban setiap pemilik,namun ada hal khusus yang dilakukan jika anda ingin kelinci anda tetap bersih,yaitu mandi,tak seperti peliharaan kucing maupun anjing yang bisa dilatih untuk mamndi,kelinci memiliki tingkat sensitifitas yang lebih tinggi karena jika anda memandikan kelinci tanpa mengikuti prosedur yang benar maka akan menyebabkan kelinci menjadi stress atau yang paling menyedihkan kelinci bisa mati.

Karena itu dalam artikel ini hewan piaraan akan menyajikan panduan memandikan kelinci secara baik dan benar.

Panduan lengkap memandikan kelinci kesayangan

1.hal pertama yang harus anda ingat,jangan memandikan anakan kelinci yang masih dibawah umur 5 bulan,karena tubuhnya masih sangat rentan,karena itu anda juga harus melihat kondisi fisik kelinci tersebut apa dalam kondisi fit.

2.Hal yang harus anda persiapkan saat akan memandikan kelinci adalah perlengkapan mandi tentunya meliputi:
  • Alas untuk kelinci saat dimandikan
  • Bak kecil
  • Handuk kering
  • Bedak dan juga sisir untuk merapikan bulu
  • Hair dryer(kalau tidak bisa menggunakan 2 handuk kering yang halus)

3.Jangan pernah memasukkan air dingin ke bak air,karena itu baiknya berikan air hangat kuku kedalam bak mandi,mohon diperhatikan untuk berhati-hati karena kelinci saat mandi cakaran dari kakinya mungkin bisa melukai kulit anda.karena itu arahkan kelinci membelakangi anda untuk mencegah cakaran kakinya.

4.Jika dirasa kelinci tidak memberontak saat dimasukkan ke bak air,silahkan langsung lakukan langkah selanjutnya dengan menyiram badan kelinci dengan air hangat tadi,bisa menggunakan tangan,namun tetap harus hati-hati jangan sampai air siraman kita masuk kedalam telinga,hidung maupun mulut kelinci kesayangan anda.

5.berikan sampo hewan secara merata dan sibakkan bulu pada tubuh kelinci agar sampo merata,sambil dipijit pelan agar kelinci relax,tidak melawan.sekaligus bersihkan lokasi-lokasi yang kotor seperti dibawah anus kelinci,sela sela kaki dan juga perut bagian dalam.

6.jika sudah silahkan bilas dengan air hangat agar sisa sampo bersih,setelah itu kembali siapkan air hangat bersih  untuk membilas kembali,ini bertujuan untuk membersihkan sisa sampo yang masih menempel

7.Angkat kelinci kesayangan anda dari bak mandi tersebut dan lilit dengan handuk kering yang halus,ini untuk mengurangi air yang tersisa di tubuh kelinci,gosok pelan-pelan sampai bulu setengah kering.

8.Keringkan dengan hairdyer sesudah kelinci dihandukin,cara mengatur tingkat suhu pada hairdryer ialah dengan mengarahkannya ke tangan anda,atur jangan terlalu panas maupun dingin.

9.ada beberapa bagian yang sangat susah untuk dikeringkan dan ini tidak boleh menggunakan hair dryer,daerah tersebut adalah telinga kelinci karena itu penggunaan cotton bud sangat dianjurkan,agar telinga kelinci dapat kering sesudah di mandikan.

10.perhatikan bagian-bagian bawah tubuh kelinci yang sudsah di jangkat seperti lipatan kaki,bawah ekor,keringkan dengan handuk halus atau dengan mengangkat kelinci sedikit keatas kemudian menggunakan hairdryer.yups kelinci anda sudah bersih dan siap untuk dipeluk.


Berikut ini kami sajikan juga video cara memandikan kelinci hias yang dilakukan secara bertahap yang berumber dari user youtube,silaahkan di tonton untuk menambah referensi tentang artikel panduan lengkap memandikan kelinci  hias terlengkap

Bagaimana mudah bukan??jangan lupa juga untuk membersihkan kandang kelinci kesayangan anda sehabuis dimandikan,kan lucu kalau kelinci sudah mandi dan wangi namun kandang masih kotor,ini adalah perketjaan yang sia-sia,semoga artikel tentang memandikan kelinci kesayangan anda tersebut dapat menjadi referensi,jika punya pengalaman silahkan kirimkan melalui kolom komentar blog ini.

Perkenalkan saya penulis blog ini,semoga semua artikel di blog ini bermanfaat bagi kita semua,oleh karena itu saya menunggu kritik dan sarannya yang bisa anda berikan via link kontak kami,agar kedepannya blog ini dapat lebih bermanfaat bagi para pembaca semua


EmoticonEmoticon