Sabtu, 01 Juli 2017

Panduan memelihara kelinci secara baik dan benar

kelinci
Kelinci memang sagat menarik untuk dipeihara,hewan ini termasuk dalam jenis mamalia pengerat yang cukup dikenal di indonesia,banyak kalangan memiliki kelinci sebagai hewan piaraan maupun hias dan tidak menutup kemubgkinan banyak yang  dijadikan ladang bisnis dengan berternak kinci seperti untuk di konsumsi dagingnya maupun sebagai kelinci hias.

Nah pada kesempatan kali ini,hewanpiaraan akan menyajikan informasi tentang cara merawat kelinci secara baik dan benar.tips ini didapat dari beberapa peternak kelinci pedaging dan hias yang semoga saja menjadi referensi para pemilik kelinci yang membaca blog ini.

1.bedakan umur kelinci,dari anakan dan dewasa tentu saja perawatanya beda dan juga makannannya juga berbeda,karena jika anda memelihara kelinci yang masih anakan membutuhkan tenaga dan waktu yang extra untuk merawatnya,karena itu perhatikan umur kelinci untuk dapat memberikan perawatan yang tepat.

2.karakteristik kelinci
Kelinci memang lucu dan imut namun setiap jenis kelinci mempunyai karakteristik yang berbeda,seperti cenderung agrasif dan aktif dan ada juga yang hanya diam.selain itu adaptasi kelinci yang mempunyai bulu agak tebal seharusnya dipotong sedikit jika anda memeliharanya di daerah tropis karena kelinci tidak tahan akan suhu cuaca yang panas.

3.saat leinci anda hamil,tentu ini membutuhan perawatan extra,usahakan pisahkan kelinci hamil tersebut dari pejantan dan berikan asupan mineral 2 kali lebih banyak dari biasanya.

4.penyakit
Memelihara hewan tentu saja kita dituntut untuk mengerti apa saja penyakit yang bisa menyerang kelinci kesayangan kita,jika sudah tau tentu saja kita mengetahui langkah apa saja yang bisa diambil saat kelinci dalam kondisi sakit,jangan lupa untuk membawanya ke dokter hewan jika memang harus dibutuhkan.

Nah pada bab selanjutnya kita akan membahas tentang cara memberi makan kelinci kesayangan kita.

1.Pada saat kelinci masih anakan asupan gizi yang diterima tentu harus baik dengan memberinya sayuran segar dan ransum serta konsentrat sebanyak 10% dari berat badannya,ini untuk menghindari kelinci nanti obesitas,kecuali untuk kelinci pedaging.semisal anakan kelinci memiliki bobot berat badan 1 kg maka harus diberi sayuran dan konsentrat 1 ons dalam 2x pemberian makan.

2.pada kelinci dewasa pemberian pakan ialah 2x sehari dengan campuran sayuran,konsentrat dan juga ransum,porsinya juga lebih besar 15% dari berat badannya,pada minumannya berikan vitamin 2 x dalam sebulan agar kelinci tetap sehat.

Selain faktor makanan kelinci,kesehatan kelinci juga di ukur dari kebersihan kandan sendiri,karena itu bersihkan minimal 4-5 hari sekali akndang kelinci anda untuk menjaga serangan penyakit kelinci,dan untuk litter kandang gunakan serbuk gergaji ataupun sekam padi,nah karena kelinci merupakan hewan yang cukup rentan terhadap penyakit saya menyarankan untuk pemilik kelinci slalu menjaga suhu kandang kelinci agar tidak lembab,semoga artikel diatas dapat menjadi penduan anda dalam memelihara kelinci secara baik dan benar.

Perkenalkan saya penulis blog ini,semoga semua artikel di blog ini bermanfaat bagi kita semua,oleh karena itu saya menunggu kritik dan sarannya yang bisa anda berikan via link kontak kami,agar kedepannya blog ini dapat lebih bermanfaat bagi para pembaca semua

This Is The Newest Post

1 komentar so far


EmoticonEmoticon