Selasa, 28 November 2017

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memberi Makan Kucing Anda!

Tags

Bagi pecinta kucing, khususnya yang memang memeliharanya, memberi makan kucing pasti bukanlah perkara sembarangan. Salah-salah, kucing Anda bisa sakit karena salah makan. Ada banyak makanan yang bisa dipilih untuk pakan kucing, baik yang instan ataupun buatan sendiri.

Tapi, meski makanannya sudah benar misalnya dengan memberinya Whiskas Junior Tuna, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memberi makanan terhadap peliharaan Anda supaya mereka nyaman. Setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan. 

1. Tempat Makan
Untuk tempat makan kucing, sebaiknya pilihlah yang terbuat dari stainless steel. Tempat makan yang terbuat dari bahan ini lebih mudah dibersihkan dan cenderung tidak meninggalkan bau. Jangan memilih tempat makan yang berbahan plastik karena rentan menjadi sarang kuman dan mudah berbau sehingga tidak higienis.
Selain itu, pilihlah tempat makan dengan kedalaman yang pas. Wadah yang terlalu dalam akan menyulitkan kucing Anda, terlebih kucing yang masih kecil. Sedangkan tempat yang datar membuat makanan mudah berhamburan.
Sediakan pula tempat makan sesuai jumlah kucing Anda. Jika kucing Anda berjumlah empat, sediakan empat buah pula. Tempat makan yang lebih sedikit dari jumlah kucing biasanya akan membuat mereka saling berebut. Bila kucing-kucing Anda tidak terlalu akur, ada baiknya juga memisahkan tempat makan mereka.
Nah, yang paling penting, jangan membiarkan tempat makan dan minum peliharaan Anda kotor dalam jangka waktu lama. Cuci tempat makan mereka setiap hari dan pastikan kering sempurna sebelum digunakan lagi.

2. Jenis Makanan
Kucing sebenarnya adalah karnivora sejati. Salah jika memberi mereka makanan berupa nasi karena kandungan karbohidratnya tak baik bagi mereka. Malah membahayakan. Makanan yang baik bagi mereka adalah makanan dengan kandungan daging yang tinggi. Bukan  makanan manusia terlebih yang berasal dari piring Anda.
Berikan mereka makan berupa daging-dagingan sesuai usia dan kondisi mereka. Memberi makanan yang tidak sesuai dengan usia dan kondisi mereka bisa menyebabkan malnutrisi dan mengganggu kesehatannya.
Selain itu, jika Anda ingin memvariasikan makanan mereka, atau ingin menggantinya, itu diperbolehkan. Asal, dilakukan dengan cara bertahap. Misal dengan cara menaruh dua merek dan jenis berbeda dalam dua mangkuk yang berdekatan. Biarkan mereka memilih sendiri keinginan mereka.

3. Waktu Makan
Untuk waktu makan, usahakan memiliki waktu yang rutin. Anak kucing yang baru berusia empat minggu ke atas idealnya makan empat kali sehari sedangkan yang dewasa dua hingga tiga kali sehari. Atur dengan baik waktunya dan jangan menggonta-ganti sembarangan karena bisa menimbulkan kebingungan bagi peliharaan Anda.
Jika kucing Anda tidur ketika waktu makan tiba, usahakan jangan dibangunkan kecuali jika mereka melewatkan waktu makan sebelumnya. Jangan pula menaruh makanan basah ke dalam wadah ketika kucing tidur dengan harapan mereka akan memakannya setelah bangun. Makanan basah mudah terkontaminasi bakteri jika dibiarkan terbuka dalam waktu lama.
Sebaiknya, jika ingin menyediakan makanan ketika kucing Anda tidur, sediakan makanan kering. Makanan kering bisa tahan lebih lama di tempat terbuka. Ketika terbangun dan lapar, kucing Anda bisa memakannya langsung.

4. Porsi Makan
Cara termudah menentukan seberapa besar porsi makan kucing Anda adalah dengan melihat petunjuk pada kemasan makanan kucing. Cara lainnya bisa dengan memantau berat badan dan kebiasaan kucing ketika makan. Apakah selalu dihabiskan? Jika sering bersisa, kurangi porsi makanannya. 

Nah, kalau nafsu makan kucingmu normal, Anda bisa menerapkan teknik free feeding, yaitu makanan selalu tersedia di mangkuknya dan bisa diakses kapan saja. Tapi, jika nafsu makan kucingmu over, teknik ini bukan pilihan yang tepat karena mampu menyebabkan obesitas pada kucing Anda.

Setelah memperhatikan empat hal ini dan Anda masih ragu, Anda bisa berkonsultasi pada dokter hewan. Untuk jenis makanannya, bisa Anda pilih sendiri mau yang instan ataupun buatan sendiri. Untuk Anda yang malas membuat sendiri, bisa menggunakan Whiskas Junior sebagai makanan kucing Anda.

Perkenalkan saya penulis blog ini,semoga semua artikel di blog ini bermanfaat bagi kita semua,oleh karena itu saya menunggu kritik dan sarannya yang bisa anda berikan via link kontak kami,agar kedepannya blog ini dapat lebih bermanfaat bagi para pembaca semua

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon